Galeri Foto

GSN Jadi Tuan Rumah MTQ ke-2 Tingkat RW 01 Dusun V Desa Kualu Kampar

Administrator
744 view

Kampar (RJ) -
Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) adalah festival keagamaan Islam yang bertujuan untuk mengagungkan Al-Qur'an. Pada festival ini, peserta berlomba membaca Al-Qur'an dengan menggunakan Qira'at (Ilmu Al-Qur'an yang membahas perbedaan lafaz Al-Qur'an, kitab suci umat Islam, baik dari segi penulisan maupun pengucapan).


Penyelenggaraan MTQ ke-2 (kedua) tingkat RW 01 Dusun V Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun ini diselenggarakan di Masjid Zulkifli RT 10 dan 12 Perumahan Griya Setia Nusa (GSN), dengan mengangkat tema "Dengan Musabaqah Tilawatil Qur'an Kita Cetak Generasi Qur'ani yang Unggul dan Berprestasi". Kegiatan rutin tahunan ini diselenggarakan pada tanggal 12-14 Ramadhan 1445 Hijriah/23-25 Maret 2024.


Ratusan masyarakat antusias menghadiri kegiatan keagamaan tersebut, serta dihadiri Aparatur Desa Kualu, BPD, RT,RW, Pemuda dan tokoh masyarakat di lingkungan RW 01.



Ketua RT 10 GSN U Supriyadi SP berharap, pada periode tahun ini GSN menjadi tuan rumah kegiatan MTQ, kegiatan ini harus berjalan dengan lancar.


"Sehingga bisa menjadi acuan kegiatan MTQ yang akan datang," ujarnya saat kata sambutan pembukaan MTQ.


Adapun tujuan diselenggarakan MTQ ini, kata U Supriyadi, adalah utk mempererat persaudaraan antar RT se-RW 01. "Serta mencari bibit-bibit untuk kegiatan MTQ ke depan di Desa Kualu," jelasnya.



Kepala Desa Kualu Darmawan SH menyambut positif kegiatan MTQ ke-2 yang dilaksanakan di Masjid Zulkifli GSN.


Menurutnya, kegiatan positif tersebut dapat dijadikan contoh untuk penyelenggaraan MTQ yang akan datang.


"Sangat ramai dan penampilan bagus sekali penuh dengan persiapan dan hal ini harus dapat dicontoh untuk kegiatan berikutnya," ujar Kepala Desa Kualu Darmawan SH.



Diketahui, cabang yang diperlombakan pada ajang MTQ ke-2 ini yakni Tilawah anak-anak putra dan putri, ramaja putra dan putri, dewasa putra dan putri se-RW 01. Adapun dana penyelenggaraan kegiatan MTQ bersumber dari swadaya seluruh RT dan donatur di lingkungan RW 01 Dusun V Desa Kualu.


Pembukaan MTQ di Masjid Zulkifli GSN dimeriahkan oleh penampilan ibu-ibu Rabana Al-Hidayah Perumahan GSN.


Adapun dewan hakim dari kegiatan MTQ tersebut sebanyak 4 (empat) orang, terdiri dari 2 (dua) orang dewan hakim dari Qori Provinsi Riau, 2 (dua) orang dari internal di lingkungan RW 01 yang tentunya berpengalaman. (HUMAS RT 10 GSN)




Penulis
: Humas RT 10 GSN