Berita
Klarifikasi Terkait Asal Usul Harta

Kamis, KPK Panggil Sekda Riau

Administrator
614 view
Gedung KPK RI

RIAUJURNAL.COM, Jakarta - KPK menjadwalkan klarifikasi terkait asal usul harta sejumlah pejabat pekan ini. Pejabat yang akan diklarifikasi hartanya itu salah satunya ialah Sekda Riau SF Hariyanto.

"Ini di bidang Kedeputian Pencegahan dan nanti akan dilakukan oleh Tim Direktorat LHKPN KPK, hari Rabu dan hari Kamis ada beberapa pihak yang akan diklarifikasi, antara lain dari pegawai Ditjen Pajak dua orang, kemudian dari Riau hari Kamis sudah dijadwalkan, kemudian juga dari Bombana," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jaksel, Senin (3/4/2023).

Ali mengungkapkan, para pejabat itu akan diklarifikasi LHKPN-nya. Ali menyebut surat undangan pemanggilan klarifikasi kepada para pejabat itu sudah dikirim.

"Nanti itu pihak-pihak yang akan diklarifikasi LHKPN-nya. Tentu KPK melalui Direktorat LHKPN sudah melakukan pemeriksaan terhadap LHKPN-nya yang kemudian data dan informasi yang kami peroleh di lapangan perlu dilakukan klarifikasi terhadap para pihak tersebut," ujarnya.

"Tentu surat undangan sudah disampaikan dan kami mengimbau kepada para pihak ini untuk bisa hadir sesuai jadwal yang sudah disampaikan," imbuhnya.

Sebelumnya, istri Sekda Riau SF Hariyanto, Adrias, menjadi sorotan karena memamerkan harta dan gaya hidup mewah di media sosial. Anto, sapaan akrab Hariyanto, berdalih barang-barang itu palsu alias KW.

Adrias sering memamerkan momen liburan ke Eropa dan mengenakan barang bermerek, seperti tas Gucci, tas Hermes, dan sepeda Brompton.

"Masalah tas ini saya pun sedih juga. Kan mereka lihat ini disandingkan totalnya Rp 420 juta, padahal hanya Rp 2-5 juta beli di ITC Mangga Dua di Jakarta," kata Anto di rumah dinas sambil memperlihatkan tas-tas yang viral.

Dia mengatakan barang-barang itu disebut mahal karena dipakai istrinya. Dia merasa istrinya difitnah terkait pamer barang-barang itu.

"Kalau istri saya yang pakai pasti dibilang mahal. Ini tidak ada satu pun yang asli ya, artinya itu fitnah. Silakan ke tokonya ITC Mangga Dua lantai 1 dicek benar nggak," sambungnya.

Dia juga buka suara soal istrinya pamer dinner di restoran Salt Bae yang terkenal mahal dan langganan selebriti serta tokoh dunia. Dia mengklaim istrinya cuma pamer.

Hariyanto juga buka suara soal video pesta ulang tahun mewah anaknya yang jelas terlihat digelar di Hotel Ritz-Carlton. Dia mengklaim acara itu digelar di toko yang namanya Ritz-Carlton.

Hariyanto telah melaporkan harta kekayaannya. Dalam LHKPN tahun 2021, Hariyanto melaporkan dirinya mempunyai kekayaan total Rp 9,7 miliar.

Sc: detik.com

Editor
: Rj1
Tag: