Kesehatan

Program UHC Segera Launching, Masyarakat Berobat Gratis Hanya dengan KTP

Administrator
662 view
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

RIAUJURNAL.COM, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan launching Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah melalui program Universal Health Coverage (UHC).

"Sebenarnya kita tanggal 1 Juli kemarin sudah bisa tapi kita masih mempersiapkan persyaratan dan juga kesiapan dari masing-masing puskesmas atau rumah sakit, InsyaAllah Jumat (28/7) pagi kita launching. Tempatnya di Rumah Sakit Daerah Madani," ujar Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Kamis (27/7/2023).

Muflihun mengatakan, dengan dilaunchingnya Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah, ke depannya warga bisa mengakses pelayanan kesehatan secara gratis baik di puskesmas maupun rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan hanya dengan menunjukan KTP.

"Ini adalah salah satu upaya pemerintah kota dalam memenuhi pelayanan dasar bagi masyarakat," ujarnya.

Ia tak ingin nantinya masyarakat yang datang, namun fasilitas kesehatannya belum siap.

"Makanya kita kemarin sudah briefing juga dengan kepala rumah sakit dan puskesmas sebagi pelaku giat UHC, agar dia tahu sejauh mana batas pelayanannya," jelasnya.

Dikatakan Muflihun, ada sekitar 144 pelayanan kesehatan yang bisa dibantu. Dan memang bukan berarti semuanya gratis. Kalau nanti operasi besar atau tindakan yang juga tidak mampu ditangani itu tidak bisa digratiskan.

"Makanya ada batasan sejauh mana kita bisa gratis, itu yang perlu diinformasikan kepada puskesmas dan rumah sakit. Sehingga jangan lagi nanti masyarakat itu miss sama layanan kesehatannya," ungkapnya.

Saat ini Pemko Pekanbaru punya niat baik untuk bagaimana pelayanan kesehatan di Pekanbaru ini bisa diberikan untuk masyarakat luas.

"Secara sistem semuanya sudah siap. Kita akan berikan panduan buku pedoman agar tak ada miss di masyarakat terkait UHC itu sendiri," pungkasnya.

Sebagai informasi dalam program ini nantinya warga Pekanbaru bisa mendapat pelayanan kesehatan di seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan (faskes) hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Rencana, program UHC ini sebelumnya akan diluncurkan oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun pada malam puncak Hari Jadi ke-239 Pekanbaru. Namun karena program tersebut belum sepenuhnya siap, maka program ini dilaunching pada akhir bulan Juli ini. Program ini menjadi salah satu kado yang disiapkan untuk Hari Jadi Pekanbaru ke-239.(***)

Editor
: Rj1
Tag: