Otomotif

Cara Cek Airbag Mobil Masih Berfungsi atau Tidak

Administrator
772 view

RIAUJURNAL.COM - Ada banyak cara cek airbag mobil yang saat ini dapat kamu pilih dan lakukan untuk mengetahui apakah komponen tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Sebab, airbag merupakan salah satu komponen utama di dalam kendaraan yang berperan besar dalam menjaga keselamatan pengguna selama berkendara agar resiko cedera parah akibat kecelakaan dapat dihindari.

Umumnya, komponen keselamatan seperti ini tentu ada di semua jenis mobil baru yang kamu miliki. Namun lain halnya jika kamu membeli mobil bekas atau used car.

SRS airbag bisa jadi sudah tidak ada atau sudah tidak lagi berfungsi dengan optimal sehingga harus di cek terlebih dahulu sebelum benar-benar resmi membeli mobil tersebut.

Sebab tidak sedikit pedagang yang memanipulasi seakan-akan fitur airbag ini masih dalam keadaan yang prima padahal sudah sempat meledak atau mengalami kecelakaan sehingga harus diperbaiki.

Agar dapat memastikan kondisi kendaraan secara keseluruhan saat membeli mobil bekas, simak beberapa cara cek airbag mobil pada artikel berikut ini!

Cara cek airbag mobil

Jika kamu sedang membeli mobil bekas dan hendak memastikan kelengkapan fitur yang masin dimiliki oleh jenis kendaraan tersebut, maka salah satu yang paling penting untuk dilakukan pengecekan adalah bagian airbag.

Airbag ini umumnya akan tersimpang di sisi pengemudi dan penumpang tergantung dari jenis dan model mobil yang dimiliki. Jadi apabila terjadi tabrakan, maka airbag akan mengembang sehingga mencegah pengemudi ataupun penumpang untuk tertabrak kemudi maupun dashboard.

Akan tetapi perlu diingat jika Airbag merupakan fitur sekali pakai yang tidak bisa diperbaiki sehingga ketika sudah pernah digunakan untuk mengatasi kecelakaan, maka harus diganti seluruhnya.

Harga yang ditawarkan pun juga mahal dan karena itulah banyak oknum yang melakukan penipuan mengenai kondisi airbag saat melakukan transaksi jual beli mobil.

Jika kamu sedang melakukan pengecekan hal tersebut, maka berikut adalah beberapa cara cek airbag mobil yang dapat dilakukan dengan mudah, diantaranya adalah:

1. Periksa bagian lampu indikator

Salah satu cara cek airbag mobil apakah masih dapat berfungsi dengan normal maupun tidak adalah dengan melihat keadaan lampu indikatornya. Apabila lampu innovator ini menyala saat kontak dalam keadaan hidup maka airbag masih dapat berfungsi dengan normal.

Namun apabila lampu indikator tetap dalam keadaan mati saat kontak masih dalam keadaan hidup (on) maka mesin airbag berarti sudah pernah terpakai atau meledak.

2. Periksa logo SRS airbag di bagian roda kemudi

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mengecek kondisi airbag mobil adalah dengan memeriksa logo SRS airbag yang berada pada bagian roda kemudi.

Salah satu cara cepat untuk membuktikan bahwa mobil sudah dilengkapi oleh fitur airbag atau belum adalah dengan adanya logo SRS airbag pada bagian tengah setir ataupun pada dashboard.

3. Periksa penutup airbag. salah satu cara cek airbag mobil

Cara cek airbag mobil yaitu juga dapat dilihat dari bagian penutupnya. Jika penutup airbag sudah tidak lagi terasa rata, maka besar kemungkinan bahwa fitur tersebut sudah pernah meledak sebelumnya.

4. Cek bagian ruang mesin

Secara umum, airbag akan otomatis keluar saat mobil mengalami benturan keras khususnya pada bagian depan sehingga tentu bumper dan sasis akan turut mengalami kerusakan tersebut.

Sasis yang sudah rusak karena kecelakaan akan sulit dikembalikan kondisinya bahkan jiwa sudah dibawa ke Bengkel body repair sekalipun.

Jadi, kamu dapat cek pada bagian sasis di ruang mesin, bila sudah ada tanda-tanda pengecatan ulang, maka besar kemungkinan airbag mobilmu sudah pernah mengembang sebelumnya.

Fungsi airbag mobil

Setelah mengetahui berbagai cara cek airbag mobil, tentu kamu akan semakin menyadari betapa komponen ini memiliki fungsi yang sangat berarti.

Beragam fungsi ini tidak tidak hanya berarti bagi kenyamanan pengemudi saat mobil dioperasikan namun juga jaminan keselamatan saat terjadi resiko kecelakaan pada bagian depan kendaraan.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa fungsi airbag mobil paling utama sehingga tidak boleh kamu sepelekan kehadirannya di dalam kendaraan, diantaranya adalah:

1. Melindungi pengemudi

Fungsi airbag mobil yang paling utama adalah memberikan perlindungan bagi pengemudi yang paling rentan mengalami cedera parah saat terjadi tabrakan dengan kecepatan tinggi dari arah depan ataupun belakang yang mengakibatkan adanya benturan keras di dalam kabin.

Adanya benturan dengan kecepatan tinggi inilah yang kemudian akan dideteksi sensornya oleh airbag sehingga fitur ini dapat berkembang secara cepat untuk melindungi tubuh sekaligus kepala dari benturan yang terayun ke bagian depan kendaraan.

2. Memberikan perlindungan kepada penumpang

Salah satu pertimbangan penting saat hendak membeli sebuah mobil adalah fitur keamanan seperti airbag yang tersedia di semua tempat duduk di dalam kabin.

Hal ini tentu akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan karena tidak hanya pengemudi saja yang akan terlindung namun juga setiap penumpang yang ada di dalamnya.

Cara memperbaiki airbag

Airbag hanya dapat digunakan satu kali pakai, sehingga jika sudah pernah mengembang sebelumnya maka harus diganti dengan yang baru agar fungsinya dapat kembali berjalan dengan optimal.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa komponen di sekitar airbag yang juga harus diperbaiki jika komponen ini sudah pernah mengembang ataupun mengalami kecelakaan, diantaranya adalah:

Jika sensor airbag terlanjur hancur karena benturan, maka wajib mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Penting untuk melakukan reset modul airbag di bengkel langganan agar komponen ini dapat digunakan kembali.

Cover setir dan dashboard juga harus diperbaiki saat airbag mengembang dan menyebabkan kerusakan pada bagian tersebut sesudahnya.

Inflator airbag juga menjadi hal yang wajib untuk diganti apabila airbag pernah meledak sebelumnya. Sebab, komponen ini berfungsi untuk mengembangkan kantung tersebut agar dapat melindungi pengendara di dalam kabin.

Sebab, hal ini akan menjadi sangat penting terutama jika kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas dan hendak memastikan semua komponen di dalamnya masih berjalan dengan optimal atau tidak.

Kondisi dan keadaan airbag ini penting untuk diperhatikan karena komponen tersebut merupakan fitur keselamatan yang akan meringankan resiko cedera bagi pengendara dan penumpang saat mobil sedang dikendarai.

Sc: lifepal

Editor
: Rj1
Tag: