Dakwah

Bacaan dan Tafsir Surat Yasin Ayat 65, Anggota Tubuh Bersaksi di Hari Kiamat

Administrator
1.032 view

RIAUJURNAL.COM - Di dunia, manusia mungkin hanya bisa mengutarakan kesaksian menggunakan mulut saja. Namun pada surat Yasin ayat 65 dijelaskan, nantinya di hari kiamat akan ada anggota tubuh yang bersaksi atas perbuatan selama di dunia.

Wajar ketika manusia melakukan kesalahan selama hidup di dunia. Tak jarang juga kerap memberikan kesaksian palsu dengan cara berbohong atau menutupi kebenaran. Kejadian seperti ini mudah saja terjadi karena mulut menjadi satu-satunya penyampai kesaksian tersebut.

Lain halnya jika sedang berada di pengadilan Allah SWT. Semua anggota tubuh bisa memberikan kesaksian atas perbuatan yang sebenarnya.

Kesaksian palsu merupakan perbuatan yang diganjar dosa besar. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW.

Dari Anas ra., beliau berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya tentang al-kabaa'ir (dosa-dosa besar). Maka beliau bersabda,

"Menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orangtua, membunuh orang, dan bersumpah palsu." (HR. Bukhari no. 2653 dan Muslim no. 88)

Surat Yasin ayat 65

Dalam Al-Qur'an surat Yasin ayat 65, Allah SWT menjelaskan bahwa tak ada yang bisa ditutupi saat hari kiamat tiba.

Arab-Latin: Al-yauma nakhtimu 'alā afwāhihim wa tukallimunā aidīhim wa tasy-hadu arjuluhum bimā kānụ yaksibụn

Artinya: Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

Tafsir Surat Yasin ayat 65

Beberapa ulama menafsirkan maksud dari surat Yasin ayat 65 ini:

1. Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim Al-Qur'an

Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah menjelaskan tafsir surat Yasin ayat 65 sebagai berikut:

65. Pada hari kiamat ini Kami mengunci mulut orang-orang musyrik sehingga mereka tidak dapat berbicara; akan tetapi tangan-tangan mereka yang berbicara tentang apa yang mereka lakukan, kaki-kaki mereka bersaksi kemana mereka berjalan saat di dunia dan dosa-dosa apa yang telah mereka lakukan.

2. Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an

Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I menjelaskan maksud dari surat Yasin ayat 65 sebagai berikut:

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menerangkan keadaan mereka di tempat yang penuh kesengsaraan itu.

Dengan menjadikan mereka bisu tidak bisa bicara, sehingga mereka tidak sanggup mengingkari apa yang telah mereka kerjakan berupa kekafiran dan sikap mendustakan.

Anggota badan mereka akan memberikan kesaksian terhadap apa yang mereka kerjakan dan akan dijadikannya dapat berbicara oleh Allah yang mampu menjadikan segala sesuatu dapat berbicara.

3. Tafsir Kementrian Agama RI

Kementerian Agama (Kemenag) juga menjelaskan tafsir isi kandungan surat Yasin ayat 65:

Pada hari ini kami tutup mulut mereka sehingga tidak dapat berkata bohong atau berdalih sedikit pun. Tangan mereka akan berkata kepada kami perihal perbuatan yang mereka lakukan di dunia, dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

Dengan demikian, mereka tidak mungkin mengelak atas dosa yang telah mereka lakukan

Keutamaan Surat Yasin

Mengutip buku 5 Amalan Penyuci Hati oleh Ali Akbar bin Aqil, surat Yasin memiliki beberapa keutamaan. Salah satunya, surat ini disebutkan Rasulullah SAW sebagai jantungnya Al-Qur'an.

Berikut beberapa keutamaan surat Yasin berdasarkan hadits Rasulullah SAW:

1. Jantung Al-Qur'an

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai jantung (inti), dan jantung Al-Quran adalah surat Yasin. Barang siapa yang membacanya, maka Allah catat baginya karena bacaan surat Yasin itu pahala membaca Al-Quran sepuluh kali." (HR. Darimi dan Turmudzi).

2. Diampuni dosa-dosa

Rasulullah SAW pernah bersabda "barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya diampuni. Dan barangsiapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad Dukhan), pada pagi harinya diampuni.)

3. Mempermudah urusan

Membaca surat Yasin juga memiliki keutamaan dimudahkan segala urusan oleh Allah SWT. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

"Diriwayatkan dari 'Atha bin Abi Rabah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat Yasin di permulaan harinya, maka semua hajatnya akan dikabulkan". (HR. Ad Darimi)

Senada dengan hadits berikut:

"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra beliau berkata: "Barangsiapa membaca surat Yasin di waktu pagi, maka akan dipermudah (urusannya) siang harinya hingga sore, dan barangsiapa yang membacanya di waktu malam, maka akan dimudahkan (urusannya) malam harinya hingga pagi". (HR. Ad Darimi)




Sc: detikhikmah

Editor
: Rj1
Tag: