Otomotif

6 Bahan Dapur Ini Disebut Mampu Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Administrator
752 view
Ilustrasi

RIAUJURNAL.COM - Jelang perayaan Idul Adha, tentu mobilisasi binatang ternak menjadi hal yang tak terhindarkan. Namun salah satu efek sampingnya adalah adanya aroma kurang enak di hidung yang tertinggal di kendaraan.

Beragam cara pun dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini. Dilansir dari Cermati, rupanya terdapat beberapa bahan dapur yang bisa dipakai untuk mereduksi bau tak sedap pada kendaraan.

1. Bubuk Kayu Manis
Walau kerap jadi bahan campuran kue, ternyata bubuk kayu manis ini dapat menghilangkan berbagai jenis bau yang menyengat. Cara menggunakannya yaitu campurkan ¼ gelas bubuk kayu manis dengan ½ gelas cuka apel di dalam satu wadah.

Aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut terlihat sudah tercampur rata. Tutup wadah tersebut dengan rapat, tapi jangan lupa beri lobang terlebih dahulu pada tutup wadah tersebut agar udara bisa masuk dan keluar. Pasang di mobil Anda, dijamin bau yang menyengat akan hilang dan berganti dengan bau kayu manis.

2. Bubuk Kopi

Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata kopi juga mampu mengusir berbagai jenis bau. Bahan minuman ini tentunya juga bisa digunakan untuk mengusir baru yang ada pada kabin mobil.

Caranya cukup mudah, sebarkan bubuk kopi di area yang rawan bau seperti jok dan bawah karpet. Diamkan semalaman agar aroma kopi menyebar. Selanjutnya vakum untuk membersihkannya. Namun yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai bubuk kopi basah, ini akan menyulitkan Anda saat membersihkannya.

3. Bubuk Vanila
Tak cuma bisa dipakai menjadi penambah rasa saja, tapi vanila juga mampu menyerap berbagai jenis bau yang bersumber dari kabin mobil, sehingga ruangan kabin akan beraroma vanila.

Caranya, siapkan kain yang berbahan tipis, kemudian tuangkan bubuk vanila satu sendok makan, lalu ikat dengan tali. Siapkan beberapa bungkus pengharum vanila dan letakkan pengharum vanila tersebut di tempat-tempat yang mudah bau seperti bawah kursi bagian depan dan belakang, kabin mobil dan lainnya.

4. Daun Pandan
Daunpandan merupakan bahan dapur yang sering dipakai untuk memberikan bau wangi pada makanan. Tidak hanya itu, daun pandan juga bisa menghilangkan bau pada kabin mobil dengan efektif.

Karena daun pandan berbentuk memanjang, jadi Anda harus memotong daun pandan kecil-kecil terlebih dahulu. Setelah itu, sebarkan saja di bagian mobil yang berbau secara merata. Cara ini memang sedikit mengotori mobil, tapi cukup efektif dalam menghilangkan berbagai jenis bau.

5. Baking Soda
Bahan dapur selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kabin mobil adalah baking soda.

Cara menggunakannya yaitu dengan menaburkan baking soda pada mobil. Adapun cara lain, agar mobil tidak terlihat kotor, yaitu dengan menggunakan wadah yang sudah dilubangi. Diamkan beberapa hari agar lebih maksimal, jika perlu ganti selama dua hari sekali agar bau kabin tetap terjaga.

6. Cuka
Cuka bukan hanya sebagai penyedap makanan berkuah agar terasa lebih segar saja, tapi cuka yang memiliki bau yang menyengat ini ternyata mampu menghilangkan bau yang muncul di ruangan bahkan mobil sekalipun.

Cara menggunakan cuka untuk menghilangkan bau yaitu dengan meletakkannya di dalam mobil selama semalaman. Keesokan harinya bau menyengat dari kabin mobil akan hilang. Jangan khawatir karena bau tersebut tidak akan digantikan dengan bau cuka yang menyengat.

Selain menggunakan enam bahan dapur di atas, pastikan kondisi mobil senantiasa bersih usai dipakai angkut binatang ternak.


SC: Suara.com

Editor
: Rik
Tag: